12 Desember, 2009

mengadulah


Begitu berat perjalanan dakwah seorang da'i. Senantiasa ada berbagai onak dan duri yang menghadang dalam perjalanan. Ada masa ketika ia tak lagi mampu berbuat banyak untuk melanjutkan perjalanannya. Suatu masa yang barangkali ia akan tertumpu pada masalahnya dan menjadi buntu. Sebagian dari para da'i terkadang hampir saja kehilangan pegangan dan merasa gagal dalam usahanya mengajak manusia. ya, bisa jadi dalam mengajak keluarganya sendiri seumpama ayah, ibu, adik atau kakak. Kegundahan dalam hati terkadang tak dapat ia bendung dan jadilah ia hanya menjadi penonton tingkah laku dari keluarganya yang masih sulit diubah. Tak banyak yang dapat saya perbuat. Ungkapan itu seakan manjadi lazim ia ucapkan.
Wahai saudaraku, jangan berputus asa dari rahmat Allah SWT, ingatlah bahwa orang-orang yang berputus asa dari rahmat Allah SWT adalah orang-orang yang ingkar terhadap adanya Allah SWT. Tak hanya kita yang mengalami masalah keluarga dan dakwah yang dihadapi. Telah berlalu orang-orang sebelum kita dan mereka tetap tegar dijalan ini.

Terkadang kita lupa kepada Dzat yang memegang hati dan jiwa mereka ..... Ingatlah tatkala para utusan Allah SWT mengalami kebuntuan terhadap tanggung jawab yang ia hadapi .....

Nuh berkata: "Ya Tuhanku sesungguhnya aku telah menyeru kaumku malam dan siang,
maka seruanku itu hanyalah menambah mereka lari (dari kebenaran).
Dan sesungguhnya setiap kali aku menyeru mereka (kepada iman) agar Engkau mengampuni mereka, mereka memasukkan anak jari mereka ke dalam telinganya dan menutupkan bajunya (kemukanya) dan mereka tetap (mengingkari) dan menyombongkan diri dengan sangat.
Kemudian sesungguhnya aku telah menyeru mereka (kepada iman) dengan cara terang-terangan
kemudian sesungguhnya aku (menyeru) mereka (lagi) dengan terang-terangan dan dengan diam-diam
(QS Nuh : 71 ayat 5-9)


Subhanallah, demikian gigihnya beliau dalam menyampaikan dakwah..... walaupun kaumnya demikian tak peduli dengan seruan.
hingga dalam perjalanan dakwahnya selama 950 tahun, Nabi Nuh kita ketahui hanya bisa mengajak 40 orang ...
Namun, demikianlah ketentuannya. Allah telah mentakdirkan bahwa kebenaran itu harus ditegakkan dengan kesungguhan dan kesabaran.

Catatan penting yang ingin ana garis bawahi disini adalah tentang do'a yang disampaikan oleh nabi Nuh 'alaihi salam. Betapa tidak, demikian hebatnya pengingkaran kaumnya terhadap beliau tapi beliau tetap tabah, dan kemudian melaporkannya kepada Allah SWT. Ia sampaikan segala kegundahan hatinya.
Mengadukan perihal yang dihadapinya untuk kemudian terus melanjutkan perjuangan panjang tersebut...









Tidak ada komentar: