03 Juni, 2009

Disiplin dan Manajemen ...

"Manajemen yang baik itu adalah satu kali instruksi maka tidak ada lagi orang yang bertanya setelahnya". Kalimat ini meluncur dari salah seorang professor yang cukup disegani di Unand pagi itu ke telinga ana. Tidak satu kali itu saja beliau secara langsung memberikan kuliah kepada ana. Kuliah person to person. Ya, kami memang hanya berdua kala itu. Sebuah pengajaran berharga dari beliau. Dikesempatan lain beliau mengatakan," Jika kamu ingin berhasil, maka kamu harus susun agenda kamu dengan bagus. Buat step-step yang harus kamu kerjakan"." Kamu harus senantiasa belajar".
Banyak dan tak semuanya yang bisa saya ingat dengan baik. Beliau memang tipe yang sangat berdisiplin. Manajemen beliau dalam mengajar juga tak diragukan lagi. Baru sekarang ana mengerti kenapa dulu senior ana yang belajar dan menjadi asisten beliau, mati-matian untuk mengerjakan berbagai tugas yang diberikan. Ana masih ingat ulah salah seorang senior satu kamar waktu itu. Komputer pribadi yang digunakan dimanfaatkan siang dan malam. Tatkala matanya sudah mengantuk berat, beliau tidur didepan komputer. Waktu terjaga ditengah malam, secara otomatis tangannya kembali bekerja menekan tuts keyboard. Kemudian tertidur lagi dan saat terjaga, kembali menyentuh keyboard dan mouse yang ada dihadapannya. Ana waktu itu mentertawakan ulah senior tersebut yang ana anggap terlalu berlebihan dalam merespon perintah dari dosennya. Di lain pihak, senior tersebut hanya nyengir dan tak mempedulikan ana. Dalam keseharian, jika kami berbincang tentang berbagai problema kehidupan, maka banyak referensi dari senior ana tadi yang mencatut dari dosennya sang professor. Hingga kala itu ana sampaikan bahwa tak ada referensi lain dari beliau kecuali sang professor.
Yah, hari ini ana berharap mudah-mudahan semangat yang ingin beliau tularkan bisa mengalir dengan baik dalam kehidupan. Sesuatu yang sangat ana dambakan dalam mendidik diri, yakni sebuah kedisiplinan dan manajemen yang baik.

Tidak ada komentar: