07 Maret, 2008

Simaklah kisah mereka

Simaklah kisah para sahabat Rasulullah SAW yang telah menorehkan tinta emas pada sejarah peradaban dunia. Setiap saat kisah-kisah itu menimbulkan ruh baru bagi para pencari kebenaran. Dikala iman melemah, coba ulangi lagi kisah mereka sehingga akan timbul cahaya baru dalam relung jiwamu.
Abu Bakar Ash-Shiddiq dengan segala kezuhudan dan kelembutannya. Namun dibalik semua itu akan kita temui komitmen yang kuat didalam jiwanya. Ingat ketika ia menjaga Rasul SAW di gua Tsur. Beliau rela digigit ular berbisa saat menjaga rasulullah agar tidur dengan nyaman di pangkuannya. Beliau mondar mandir didepan Rasulullah tatkala perjalanan ke Madinah lantaran khawatir akan keselamatan baginda. Pun, tatkala Rasulullah telah tiada, komitmen beliau dalam menumpas para pembangkang. Sehingga kita kenal ucapan beliau ketika Umar bin Khattab berpendapat agar orang-orang yang tidak membayar zakat dibiarkan berkeliaran. Beliau dengan tegas berkata bahwa jika mereka tidak membayar zakat maka akan diperangi.
Umar bin Khattab dengan segala ketegasannya. Ingat saat masa jahiliyah beliau adalah orang yang keras dan tegas. Dikala islam mengisi relung dada dan hatinya, ketegasan itu senantiasa ada namun dengan arahan yang bijaksana. Sehingga kita kenal ucapan beliau bahwa "Aku akan mengisi tempat-tempat yang maksiat yang pernah aku datangi dengan cahaya islam". Dengan ketegasan dan keberanian beliau, Syetan pun tak berani lewat dijalan yang akan beliau lewati.
Utsman bin Affan dengan sifat murah hati dan pemalunya. Beliau adalah hartawan yang dengan mudahnya mengeluarkan harta untuk jihad dan dakwah ilallah. Namun kita kenal juga kepribadian beliau yang sangat pemalu hingga malaikat pun malu dalam mencatat amal-amalnya. Subhanallah.
Ali bin Abi Thalib seorang pemuda yang gagah berani namun juga cerdas akalnya. Ilmunya luas karena sedari kecil telah dibimbing oleh sang Idola.

Tidak ada komentar: