28 Juni, 2016

Server Down !

Banyak kasus terjadi down nya server atau website, para pemegang kebijakan dan sebagian orang yang kurang paham tentang dunia administrator kemudian berteriak ( pakai tanda seru :) ). Ketika itu dunia seolah-olah runtuh. ( he.. tidak segitunya kali). Akibatnya sudah dapat diduga kemudian adalah terjadinya keributan. Seolah-olah grup-grup medsos, whatsapp, maupun BBM kemudian menjadi pasar dadakan. Pasar Kaget. Atau bahkan mungkin jadi pasar pagi :).
Di sisi lain, seorang administrator yang bertanggungjawab terhadap server tersebut sedang sibuk berkutat dengan benda mati. Dan terkadang mengomel serta menggerutu tak jelas. Kadang melihat benda mati yang dihadapinya tersebut seraya menghentakkan jari jemarinya dengan emosi. Terkadang juga menggerutu sambil berfikir jauh menembus penjuru gedung-gedung bertingkat 77 ! :)
Jika diamati dengan baik, maka seharusnya hal-hal seperti itu tidak lah mesti terjadi jikalau saja ada hubungan yang baik antara para pemegang kekuasaan dan para pemegang benda mati. Dua sisi yang terkadang berbenturan semestinya bisa dikorelasikan dan diambil jalan tengah. Orang yang bertanggungjawab terhadap kelancaran organisasi seharusnya belajar pada para ulama hadits dalam mengompromika dua hadits yang terlihat bertentangan. :D . Para ulama hadits kemudian bisa bersepakat terhadap jalan tengah yang diambil pada pertentangan tersebut.
Satu hal, bahwa terkadang untuk menjaga agar tidak terjadinya down sebuah server, seorang administrator hanya perlu menekan enter !
Di sisi lain, untuk menjaga agar tidak terjadinya down sebuah server, seorang pemegang kebijakan hanya perlu mengatakan, iya !
Lalu bagaimana dengan pasar kaget kita? he... he... biarkan saja menjadi pasar kaget dan kita nikmati semuanya. :D :D

Tidak ada komentar: